Image of Hubungan infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) dengan status gizi pada siswa di SDN 169 Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang

Text

Hubungan infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) dengan status gizi pada siswa di SDN 169 Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang



Latar Belakang: Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) masih merupakan masalah yang penting bagi negara-negara berkembang khususnya Indonesia. Infeksi STH ini berdampak pada status gizi penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan infeksi STH dengan status gizi pada siswa SDN 169 Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Kota Palembang.
Metode: Penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan crosssectional. Data yang dikumpulkan adalah pengukuran berat badan, tinggi badan, status gizi dinilai dengan menggunakan rumus IMT dan feses yang dikumpulkan lalu diperiksa menggunakan metode Kato Katz dan modifikasi Harada Mori. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik chi-square.
Hasil: Prevalensi infeksi STH adalah 6,8%. Status gizi kurang yang teridentifikasi yaitu 86,3%. Hasil uji statistik Fisher’s Exact pada seluruh subjek penelitian didapatkan p=1,0.
Kesimpulan: Hasil ini menunjukkan tidak ada hubungan antara status gizi dan infeksi STH pada seluruh subjek penelitian. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan infeksi STH dengan status gizi pada jangka waktu yang lama.


Ketersediaan

S001836S641.109 07 Pra h 2015Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
641.109 07 Pra h 2015
Penerbit Fak. Kedokteran : Palembang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 54 hlm. : ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
641.109 07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya